Dana Alokasi Khusus (DAK)

hai hai hai, welcomback to my Blog!!!

Long time no see geudongan eotteohke jinaetni.... (ups~ malah kebablasan nyanyi)
oke,lupakan kejadian diatas.

ga usah basa basi lagi lah ya. sekarang aku bakal mulai untuk membahas mengenai Dana Alokasi Khusus ato yang biasa disebut DAK.

jadi, ada kabar baik nih buat kalian para siswa siswi SMP dan SMA dikotaku BOJONEGORO. sekarang kita gak perlu khawatir masalah biaya sekolah yang amat tinggi lagi karena pemerintah kabupaten Bojonegoro akan memberikan Dana Alokasi Khusus kepada semua siswa siswi SMP SMA yang tinggal di Bojonegoro. yang tinggal loh ya bukan yang bersekolah di Bojonegoro.

                "Dari tadi ngomongin DAK mulu, aku gak ngerti DAK itu apa? jelasin dong?"
sorry sorry,aku khilaf hehehe
          Jadi gini guys, menurut wikipedia DAK ato Dana Alokasi Khusus adalah alokasi dari Anggaran   Pendapatan dan Belanja Negara kepada provinsi/kabupaten/kota tertentu dengan tujuan untuk mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan Pemerintahan Daerah dan sesuai dengan prioritas nasional. DAK ini termasuk dana perimbangan,di samping Dana Alokasi Umum atau yang disebut DAU.
       
           Pemrosesan DAK ini juga gak ribet kok, soalnya udah diurusin sama desa dan sekolah. awalnya sih sama desa dimintai surat rekomendasi atau surat keterangan siswa dari sekolah. setelah menyerahkan surat itu kita tinggal nunggu aja panggilan dari desa untuk mendapat buku tabungan DAK. oh iya guys, uangnya itu gak kita ambil sendiri,tapi nanti pencairannya diurus sama sekolah. jadi, kita dan orang tua gak perlu ribet-ribet untuk nyairin uangnya.

           Di Bojonegoro ini, DAK digunakan sebagai dana pendidikan. tapi dana ini tuh gak cuma untuk pendidikan aja, tetapi bisa untuk kepentingan yang lain juga tergantung kepada keputusan Pemerintah pada daerah itu. Alhamdulillah, di Bojonegoro DAK digunakan untuk pendidikan yang sangat bermanfaat untuk kita yang orangtuanya menengah kebawah. jadi Pemerintah Bojonegoro semua anak usia sekolah mampu untuk wajib sekolah 12 tahun. dari dana ini bisa kita gunakan untuk membayar uang sekolah,membeli buku pelajaran,dan lain-lainnya.
            "waah, enak dong ya kita jadi punya duit tambahan kan bisa buat beli barang-barang yang kita mau"
              eh, gak boleh gitu dong ya. Alhamdulillah kita diberi dana khusus sama pemerintah jadi harus kita manfaat semaksimal mungkin. kalo aku pribadi sih, setelah menerima uang DAK dari sekolah langsung aku pake untuk melunasi semua iuran yang ada disekolah. trus kan dana ini gak sedikit lah ya (2jt broo yakali bisa habis seketika untuk bayar iuran sekolah) sisa dari uang DAK itu aku pake untuk membeli buku paket yang aku butuhin. trus sisanya lagi (banyak banget kan kalo dikantong anak sekolah) aku gunain untuk memenuhi uang sakuku setiap harinya dan aku berikan ke orang tua untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. ^^

           terima kasih banyak kepada pemerintah kabupaten Bojonegoro yang sudah membuatkan anggaran pendidikan ini. Dana ini sangat sangat membantu kami yang ingin bersekolah tetapi memiliki kekurangan dalam segi finansial. semoga Dana Alokasi Khusus ini dapat dipergunakan seideal mungkin. ^^
             
           


DielfiVian

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar